Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Keterampilan Laboratorium Menggunakan Media Buku SOP Laboratorium Karakteristik

Sunyata Sunyata (Universitas Negeri Surabaya)
Imam Sya’roni (Universitas Negeri Surabaya)
Nizar Rizki Rahman (Universitas Negeri Surabaya)
Irfan Subiantoro (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Media buku merupakan penunjang penggunaan alat laboratorium apabila mahasiswa tidak menggunakan pedoman, maka akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu media buku pedoman merupakan solusi agar mahasiswa bisa lebih awal mengetahui dan mendapatkan keahlian merancang dan merangkai alat laboratorium. Pada penelitian ini telah divalidasi buku pedoman sebagai sarana media. Penelitian kali ini dilakukan dengan tujuan mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan media buku pada penggunaan alat laboratorium karakteristik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket (respon) dalam skala likert dengan subjek penelitian mahasiswa Fisika angkatan 2021 Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Diperoleh hasil penggunaan media buku mendapatkan respon positif. Memudahkan mahasiswa memahami batasan, langkah-langkah serta merangkai alat laboratorium karakteristik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...