Konsep matematika yang abstrak membuat peserta didik sulit untuk memahaminya, terutama pada kelas rendah. dengan demikian dalam penyampaian materi oleh guru harus didukung dengan media pembelajaran yang mana menghadirkan yang abstrak menjadi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media digital apa saja yang cocok digunakan guru dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, adapun metode penelitian ini adalah menggunakan studi literature. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mencari berbagai sumber baik itu dari buku, artikel, jurnal, dan lain-lain yang relevan dengan judul penelitian. Literatur yang digunakan harus dapat mengungkap kelemahan dari media digital, kelebihan media digital. Yang mana ada beberapa kelebihan media digital di antaranya mampu menampilkan gambar yang konkret tentang materi yang diajarkan guru. Adapun kelemahan dari media digital yaitu waktu dalam pembelajaran yang digunakan peserta didik untuk membuka media pembelajaran. Adapun kendala yang sering ditemui pada guru dan peserta didik yaitu tidak mampu mengoperasikan teknologi. Dengan menggunakan media pembelajaran digital diharapkan mampu meningkatkan literasi dan numerasi siswa terutama pada mata pelajaran matematika. Teknik analisi data yang dipakai adalah teori dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Copyrights © 2022