Jurnal Pelita PAUD
Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pelita PAUD

Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di PAUD

Hafsah Dzata Rahmah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Lubabul Ummah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
siti aulia fauzia (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Suci Rahmadani (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Latipah Hasanah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Kurikulum Pancasila baru saja di luncurkan pemerintah pusat pada bulan februari 2022 lalu sebagai program merdeka belajar. Pada kurikulum Pancasila ini pemerintah mengharapkan Pendidikan karakter bagi siswa, dan berharap siswa dapat menyelesaikan pemecahan masalah dengan mandiri, siswa juga diharapkan dapat memberikan solusi kreatif melalui kurikulum profil projek Pancasila dari masalah dan projek yang diberikan oleh para guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan kepada pembaca mengenai perbandingan berdasarkan perbedaan dan persamaan dari kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dengan kurikulum pancasila. Pada metode ini menggunakan studi literatur. yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data, jurnal dan artikel. hasil temuan dari artikel ini kemudian akan dikumpulkan dan selanjutnya akan dianalisis, hasil dari penelitian ini adalah mengkaji atau mempelajari tentang perbandingan dari ke tiga kurikulum, mengkaji kelebihan dan kekurangan dari kurikulum 2013, kurikulum merdeka dengan kurikulum pancasila, engkaji tujuan dan penilaian dari kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dengan kurikulum pancasila.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...