Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pada Agen Brilink Purwanto Care Di Desa Persatuan Kecamatan Pulau Rakyat

Halimatussaddiah Marpaung (Universitas Asahan)
Muhammad Reza Afriandy Panjaitan (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial faktor kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah. Jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil regresi menghasilkan persamaan Y = 0,165 + 0,156X1 - 0,382X2 + 0,256X3. Hasil uji- F, kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah karena Fhitung (34,033) > Ftabel (2,70). Hasil uji-t, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah karena thitung (2,613) > ttabel (1,985), secara parsial harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan nasabah karena -thitung (-2,398) < -ttabel (-1,985), secara parsial kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah karena thitung (3,051) > ttabel (1,985). Hasil uji-R2, koefisien yang dihasilkan oleh seluruh variabel bebas yang terdiri dari kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 51,1%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...