Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan konseling dalam membentuk karakter anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu metode dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah sepuluh orang siswa kelas lima SD Swasta Harapan Paya Bakung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, yaitu memberikan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh narasumber dengan sejujurnya tanpa ada yang ditutupi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa anak-anak tersebut memiliki karakteristik yang belum sesuai dengan yang peneliti harapkan seperti mereka masih sering berbohong, tidak membantu pekerjaan rumah seperti mencuci tempat makannya sendiri sehabis makan dan pekerjaan ringan lainnya yang bisa mereka bantu dan kerjakan. Karakteristik anak-anak pada usia ini seperti gemar bermain, aktif bergerak dan sering mencontoh hal yang dilakukan oleh orang dewasa yang ada disekitarnya.
Copyrights © 2022