Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran “ KARTU PERSAMAAN” Pada Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel Bidang studi Matematika Di Kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara

Sularni Sularni (SMPN 60 Bengkulu Utara)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara melalui media pembelajaran” Kartu Persamaan”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian ini mengacu pada modifikasi diagram yang ditemukan oleh Kemmis dan McTaggart, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 60 Bengkulu Utara. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara dengan jumlah 28 orang siswa. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data diperoleh dari aktivitas siswa & aktivitas guru (data hasil observasi dan dokumentasi). Data kuantitatif yaitu data diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Perolehan hasil belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan secara bertahap setiap siklus. Penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa dari 44,64 (nilai rata-rata hasil belajar sebelum penelitian) menjadi 62,50 (siklus I) dan 80,36 (siklus II). Ketuntasan klasikal meningkat dari ketuntasan 53,57% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Peningkatan daya serap klasikal dari 62,50% pada siklus I menjadi 80,36% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran “kartu persamaan” dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas VII SMPN 60 Bengkulu Utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...