Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah
Vol 17, No 1 (2023): Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah

PENGARUH PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE SEA WORLD ANCOL

Tiffany Sudarmawan (Universitas Bunda Mulia)
Sofiani Sofiani (Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak hal ini menjadikan media social seperti Instagram menjadi salah satu tempat untuk melakukan promosi atau yang dikenal dengan promosi online. Sea World Ancol merupakan destinasi wisata yang menampilkan banyak biota-biota air baik itu air laut maupun air tawar yang dapat kita lihat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Dan sampel diambil menggunakan metode Purposive Sampling (Judgemental) dimana sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu, dengan jumlah populasi 296.000 yang berasal dari jumlah followers Instagram Sea World Ancol dan jumlah sampel yang diambil adalah 270 sampel. Hasil penelitian membuktikan hipotesis, dimana promosi online sendiri memberikan pengaruh sebesar 34,1% terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Sea World Ancol hal ini berdasarkan hasil uji koefisien determinasi.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah promosi online memberikan pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Sea World Ancol, untuk saran diharapkan pihak Sea World Ancol dapat lebih aktif lagi dalam mempromosikan Sea World Ancol melalui sosial media, terutama saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakannya sehari-hari sehingga jika promosi dilakukan dengan benar maka wisatawan akan tertarik untuk datang berkunjung serta melakukan kunjungan kembali ke Sea World Ancol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kepariwisataan

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel atau naskah yang berorientasi pada bidang kepariwisataan, dimana naskah atau artikel tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain atau sedang dikirim ke penerbit lain. Artikel atau naskah yang dipublikasikan adalah hasil ...