Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-DesignDevelopment-Implement-Evaluation). Selain LKPD, peneliti juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Berdasarkan hasi validasi yang dilakukan RPP, LKPD,dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu 3.9, 3.7, dan 3.5 (skor maksimal 4,00).Pengujian dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,7 dengan kategori sedang, keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I dan II masing-masing diperoleh skor sebesar 3,24 dan 3, 64 dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik adalah 3,27 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan gerak lurus dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya.
Copyrights © 2022