Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Gambaran Kedisiplinan Belajar Siswa di Masa Pendemi Covid 19

Novita Maulidya Jalal (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Proses pendidikan yang terus berjalan selama pendemi covid dengan transformasi dari tatap muka menjadi tatap maya melalui jaringan (daring) juga tidak terlepas dari keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari perilaku disiplin belajar pada siswa MTsN Kota Palopo di masa pandemic covid 19.. Proses penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berupa penelitian survei. Sampel penelitiannya yaitu siswa MTsN Kota Palopo sejumlah 40 subjek. Teknik pengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner berupa angket tertutup terkait kedisiplinan belajar siswa saat pandemic covid 19. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa 52,5% siswa menyatakan setuju bahwa siswa tersebut tepat waktu dalam mengumpulkan tugas selama belajar di masa pandemic covid 19. Selanjutnya, terdapat 60% siswa disiplin dalam mempersiapkan diri sebelum belajar materi di masa pandemic covid 19. Selain itu, terdapat 56,3% siswa kedisiplinan siswa dalam membuat jadwal belajar di masa pandemic covid 19.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa MTsN Kota Palopo secara umum memiliki kedisiplinan belajar selama masa pandemic covid 19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...