JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 7, No 4 (2022): JPGI

Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar

Atiaturrahmaniah, Atiaturrahmaniah (Unknown)
Arnyana, Ida Bagus Putu (Unknown)
Suastra, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pendidikan penting bagi setiap individu terlebih pada sekolah dasar karena dalam menjalankan kehidupan kedepannya di masa global dengan penuh persaingan, maka setiap individu perlu menyadari adanya perkembangan teknologi. dengan demikian dibutuhkan pola pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berbasis teknologi. Model ini dapat mendorong perkembangan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan mengolah informasi dan berkomunikasi serta berpotensi untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menghubungan berbagai fakta dan fenomena yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peran model STEAM (science, technology, engineering, arts, and math) dalam pembelajaran di sekolah dasar agar peserta didik mampu berpikir kritis dan meningkatkan literasi sainsnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan mengkaji referensi teori yang relevan dengan kasus atau masalah yang ditemukan. Pembelajaran STEAM ini berguna untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan literasi sainnya sehingga peserta didik lebih mampu meningkatkan pengembangan kompetensi dirinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...