Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman di Desa Beringin Makmuri

Dien Permata Sari M (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Muhtarom Muhtarom (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Nyimas Atika (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena karena masih ada orang tua yang belum paham akan dampak pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Di Desa Beringin Makmur I, bagaimana dampak pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Di Desa Beringin Makmur I, dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Di Desa Beringin Makmur I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak serta faktor pendukungan dan penghambat pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Di Desa Beringin Makmur I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observai, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi yaitureduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa dampak pola asuh otoriter orang tua terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Di Desa Beringin Makmur I, yaitu dari 3 informan terdapat terdapat satu orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter, satu orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis, dan satu orang tua menggunakan pola asuh permisif. Pola asuh otoriter ini adalah pola asuh yang memaksa anak , keras dan kaku dimana orang tua menetapkan berbagai peraturan yang harus dipatuhi oleh anak yang dapat berdampak terhambatnya penyaluran ide-ide serta gagasan anak dan anak akan menjadi pribadi yang tertutup dan tidak percaya diri. Tujuannya agar orang tua lebih tahu dampak dari pola asuh otoriter ini. Faktor pendukung pola asuh otoriter ini ada dua yaitu faktor internal yaitu kehendak, keturunan. Kemudian faktor eksternal yaitu aturan sekolah dan lingkungan keluarga. Faktor penghambat pola asuh otoriter ini ada dua yaitu faktor internal yaitu kehendak, keturunan dan usia anak dan faktor eksternal yaitu latar belakang pendidikan orang tua, keterbatasan waktu orang tua dan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...