Cakrawala Linguista
Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5 NUMBER 2 DECEMBER 2022

ANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA ALBUM “RIUH” KARYA FEBY PUTRI SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMK

Iis Badriah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Slamet Triyadi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini dengan melihat dilapangan bahwa siswa tidak antusias dalam pembelajaran Indonesia, sehingga mengalami kesulitan dalam menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Fokus penelitian ini yaitu menganalisis diksi dan gaya bahasa album Riuh karya Feby Putri. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu pada album Riuh karya Feby Putri; dan (2) Menjelelaskan pemanfaatan hasil analisis dalam album Riuh karya Feby Putri dalam pembelajaran Teks Puisi di SMK kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Aspek yang dikaji adalah diksi yang bermakna konotatif dan denotatif serta gaya bahasa yang terdiri dari gaya bahasa Aliterasi, Asonansi, Hiperbol, Paradoks, Simile, Metafora, Antonomasia, dan Epitet. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 66 diksi atau pemilihan kata pada lirik yang bermakna konotatif dan 22 diksi yang bermakna denotatif. Dalam hasil analisis gaya bahasa peneliti menemukan sebanyak 55 larik, yang terbagi ke dalam 8 gaya bahasa. Hasil akhir penelitian ini berupa pemanfaatan bahan ajar handout untuk pembelajaran unsur pembangun teks puisi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Cling

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CAKRAWALA LINGUISTA is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN 2597-9787 and p-ISSN 2597-9779 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Cakrawala Linguista has built Organization and Editorial team to ...