Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 2 No. 4 (2022): Desember 2022

Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika :

Widiati (-)
Nyoman Sridana (Universitas Mataram)
Nani Kurniati (Universitas Mataram)
Amrullah Amrullah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wawo tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII sebanyak 45 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yakni kelas VIIIA dan kelas VIIIB. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau total sampling dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji mulikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 50,7%; 2) kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 54%; 3) minat belajar dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kontribusi sebesar 59,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan kebiasaan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wawo tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...