Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah
Vol. 4 No. 2 (2022)

Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah

Fajar Sodik (Unknown)
M. Akrom Hidayat (Unknown)
Rikhadatun Abir Al Farda (Unknown)
Raida Nadia Syahita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan tingkat religiusitas terhadap minat menabung mahasiswa FEBI UIN Sunan Kalijaga non-Prodi Perbankan Syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Sunan Kalijaga non-Prodi Perbankan Syariah dengan total 52 responden. Kemudian data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan Produk berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah, sedangkan variabel religiusitas memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Secara simultan variabel pengetahuan produk dan tingkat religiusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah padatingkat signifikansi kurang dari 0,05 atau 5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN ...