JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun

Annur Riza Mastita (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 091416 Afd. I Bah Birong Ulu dan seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 091573 Bah Jambi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan post test. Perolehan nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah sebesar 86,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 74,71. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan uji t dengan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka terdapat berbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dimana pada hasil penelitian nilai signifikan (2-tailed) = 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bawasannya penggunaan model pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...