Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah
Vol. 4 No. 2 (2022): Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah

Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Minat Menabung Simpanan Multiguna Akademik di BMT Mazaya

Lisa Dwi Agustina (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Fuad Hasyim (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Angeline Winda Widyani (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana bauran pemasaran (4P) mempengaruhi minat atau keinginan mahasiswa dalam menabung simpanan multiguna akademik di BMT Mazaya. Seluruh mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta dijadikan sebagai populasi dalam penelitian ini. 101 responden diperoleh dari sampel yang dikumpulkan memakai teknik accidental. Instrumen penghimpunan data berupa kuisioner. Hasil analisis data diuji sesuai ketentuan model regresi linier berganda. Penelitian menunjukkan bahwa dua dari empat komponen bauran pemasaran yaitu variabel produk dan harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa untuk menabung di BMT Mazaya. Sementara dua lainnya yaitu promosi dan lokasi berpengaruh signifikan pada minat mahasiswa di BMT Mazaya untuk menabung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

iqtis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal aL-IQTISHOD terbit tahun 2018, setiap enam bulan sekali bulan Desember dan Juni, merupakan jurnal Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup ekonomi syariah, keuangan syariah dan perbankan syariah, bahkan isu-isu ...