Pemasaran menjadi unsur penting dalam keberlanjutan sebuah perusahaan. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pemasaran akan banyak berpengaruh bagi kelangsungan produk untuk diterima oleh masyarakat. Pangsa pasar juga berpengaruh pada strategi pemasaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh produk kopiko dari PT Mayora Indah dalam bersaing dan memasuki pasar global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur serta melakukan observasi mendalam pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi produk, Kopiko sendiri masih bisa dijadikan pilihan mengingat bahan yang digunakan serta cita rasa bagi kalangan mancanegara sangat otentik dengan kopi segar dan tidak memiliki kemiripan dengan produk apapun. Dalam segi harga, Kopiko memiliki berbagai ragam harga sesuai dengan perhitungan yang dilakukan oleh pemilik toko di beberapa distributor kopiko pada pasar global. Sedangkan pada segi tempat, seringkali kopiko di luar negeri bisa ditemui di beberapa swalayan Asia yang menjual berbagai produk makanan dari Benua Asia atau Indonesian Market. Pada segi promosi, Kopiko telah melakukan promosi melalui media sosial hingga mudah diakses dan dilihat oleh konsumen maupun calon konsumen.
Copyrights © 2022