Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 4 No 2 (2022): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN BODI SMK PALAPA SEMARANG

Rohman, Muhammad Solli Alai (Unknown)
Abdillah, Fuad (Unknown)
Setiawan, Toni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Sejak Bulan Maret 2020 satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sejak Covid-19 masuk ke Indonesia. Pembelajaran jarak jauh dilakukan menggunakan media sosial, Ketidak tertarikan siswa terhadap materi dan proses pembelajaran jarak jauh akhirnya membuat kompetensi siswa terhadap mata pelajaran dasar-dasar mesin mengalami penurunan. Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui penggunaan media sosial, (2) mengetahui model pembelajaran jarak jauh, (3) mengetahui pengaruh media sosial dan proses pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi siswa kelas XI SMK Palapa Semarang. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif bersifat expost facto. Pengumpulan data dokumentasi dan angket. Populasi 101 siswa. Sampel teknik proportional random sampling Rumus Slovin didapat jumlah sampel 80 siswa. Pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis data menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 22.0. Hasil analisis penggunaan media sosial dalam kategori sangat baik, model pembelajaran jarak jauh kategori sangat baik, dan Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi kategori kompeten. Uji T variabel penggunaan media sosial terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi memperoleh nilai sig. sebesar 0,002 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha1 diterima, uji T model pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi memperoleh nilai sig. sebesar 0,003 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha2 diterima. Ada pengaruh positif antara penggunaan media sosial dan model pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi siswa kelas XI program keahlian Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi SMK Palapa Semarang. pada uji F perolehan nilai sig. F sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh penggunaan media sosial dan model pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi ditunjukkan pada uji R2 (determinan) 17,9 % dan 82,1 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...