Seseorang terdorong untuk melakukan pembelian tidak direncanakan (impulse buying) karena pada suasana hati, kebiasaan berbelanja, faktor stimulus pada barang dagangan yang dipajang dan price discount untuk jenis barang tertentu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh merchandising dan price discount terhadap impulse buying melalui emosi positif sebagai interĀvening menggunakan analisa SWOT. Penelitian dilakukan pada konsumen miniĀmarket di Kecamatan Kasemen Kota Serang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, asosiatif dan bentuk hubungan kausal dengan model menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan merchandising sebagai suatu kegiatan penyediaan barang dagangan dan price discount sebagai strategi promosi penjualan pada minimarket berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang dikarenakan timbulnya emosi positif konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Hasil analisa SWOT minimarket di Kasemen Kota Serang menggunakan strategi S-O dalam meningkatkan keuntungan perusahaan dengan mencapai peluang dalam lingkungan eksternal seperti pemanfaatan lokasi yang strategis dalam menarik konsumen dan pembukaan cabang, pemenuhan kelengkapan produk dan peningkatan kualitas layanan.
Copyrights © 2022