Augmented Reality merupakan teknologi yang tergabung antara benda virtual dan nyata melalui proses komputeristik, merupakan media yang sangat cocok dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu pengembangan pembelajaran Augmented Reality dapat di implementasikan dalam pembelajaran Internet of thing melaui objek rangkaian dan komponen IoT. Tujuan penelitian ini yaitu Mengimplementasikan augmented reality untuk meningkatkan pembelajaran internet of things yang akan di implementasikan dalam bentuk 3D dan pengimplementasian perancangan IoT, dan untuk membantu mahasiswa dalam memahami fungsi komponen serta pengunaan komponen dan dapat mengimplementasiakan dalam materi. Metode yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah MDLC atau Multimedia Development Life Cycle terdiri atas enam tahapan meliputi a)pengonsepan, tahapan dimana menentukan audien yang menghasilkan rumusan konsep aplikasi yang dibuat; b)perancangan tahapan dimana pembuatan flowchart, dan storyboard sebagai acuan konsep awal pembuatan; c)pengumpulan bahan dimana akan dikumpulkan bahan bahan yang diperlukan saat pembuatan; d) pembuatan, merupakan mulainya pembuatan aplikasi yang sebenarnya dengan memanfaatkan hasil dari proses sebelumnya yang telah di lakukan; e) pengujian dilakukan untuk mengecek fungsi kerja aplikasi untuk dilakukan perbaikan apabila ada kesalahan: dan f)pendistribusian yaitu tahap akhir ketika sudah aplikasi sudah berjalan dengan sempurna dan siap digunakan serta disimpan untuk dilakukan update sewaktu-waktu. Sehinga dari proses perancangan tersebut menghasilkan berupa aplikasi Aungmented Reality Markerless User Defined Target 3D komponen IoT berbasis Android
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022