JUTECH : Journal Education and Technology
Vol 3, No 2 (2022): JUTECH DESEMBER

EVALUASI PELAKSANAAN MATA PELAJARAN INFORMATIKA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Desy Yanty Cobena (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menilai konteks, input, proses, dan produk dari pelaksanaan Mata Pelajaran Informatika jenjang SMP. Sampel penelitian ini adalah 4 pendidik dan 338 peserta didik di Kota Surakarta. Metode pengumpulan informasi menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan angket dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil pertama, pada aspek konteks menunjukkan bahwa pembelajaran telah berjalan sesuai pedoman pembelajaran Informatika 2019. Kedua, dilihat dari aspek input, kualifikasi guru telah memenuhi kualifikasi dan sarana prasarana utama memenuhi standar. Ketiga, pada aspek proses, pelaksanaan pembelajaran menyesuaikan kondisi yang juga terpengaruh oleh masa pandemi, sehingga pembelajaran dominan dilakukan secara daring. Hampir semua guru secara konsisten telah menggunakan ragam metode, media, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi. Terakhir, ditinjau dari produk, pelaksanaan pembelajaran yang bersifat praktik masih belum dapat maksimal di masa pandemi ini. Ketersediaan perangkat dan kualitas jaringan masih menjadi kendala terbesar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jutech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JUTECH : Journal Education and Technology adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian di bidang teknologi pendidikan, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan ...