Mengimplementasikan augmented reality pada katalog perumahan Agung Graha Mustika Serdam yang masih menggunakan dua dimensi atau katalog biasa akan menambah keefektipan dari katalog perumahan tersebut, dengan menampilkan objek tiga dimensi konsumen akan mendapatkan informasi dan gambaran yang relevan dalam waktu singkat. Augmented reality diharapkan dapat membantu calon pembeli untuk melihat keseluruhan desain sudut perumahan secara tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi yang akan menampilkan objek tiga dimensi pada katalog perumahan dengan mengimplementasikan augmented reality dan menggunakan metode markerbased tracking agar objek tiga dimensi dapat tampil diatas katalog perumahan Agung Graha Mustika Serdam. Pengembangan aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode multimedia development life cycle (MDLC) yang memiliki tahapan yaitu concept, design, matrial collecting, assembly, testing dan distribution. Pengujian pada penelitian ini terdapat tiga pengujian yaitu black box testing yang menguji fungsional interface pada aplikasi, pengujian marker dilakukan untuk mengetahui kemampuan aplikasi dalam mengenali marker dan menampilkan objek berdasarkan kondisi tertentu, dan pengujian kompabilitas yang bertujuan untuk melihat apakah aplikasi dapat berjalan diberbagai device.
Copyrights © 2022