Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember

Penguasaan Konsep Rangkaian Seri dan Paralel melalui Penggunaan Kit Listrik SEQIP di SD Negeri 6 Mataram

Syahrial Ayub (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram)
Wahyudi Wahyudi (University of Mataram)
Endang P Handayani (University of Mataram)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan konsep IPA, keterampilan penggunaan Kit IPA dan minat guru dalam mengajar dengan Kit IPA. Tujuan ini dicapai dengan mengintegrasikan pelatihan dengan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah guru-guru di SD N 6 Mataram. Data didapatkan dari hasil pre-test dan post-test penguasaan konsep dan keterampilan menggunakan Kit IPA serta angket minat guru-guru terhadap penggunaan Kit IPA dalam pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil penguasaan konsep sains guru-guru meningkat, 2) keterampilan guru-guru dalam menggunakan Kit IPA meningkat, dan 3) minat guru-guru dalam menggunakan Kit IPA juga meningkat, sehingga penggunaan Kit IPA sangat penting dalam pembelajaran sains

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...