Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 6 No 2 (2022): Desember 2022

Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA

Agus Santoso (Universitas Jember)
Muhammad Asyroful Mujib (Universitas Jember)
Sri Astutik (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran geografi berbasis Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Indikator kemampuan berpikir spasial meliputi: comparison (kondisi dan koneksi spasial), aura (spatial aura atau zona pengaruh objek ke sekitarnya), region, hirarchy, transition, analogy, pattern, dan association (korelasi). Data yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir spasial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran geografi berbasis Google Earth berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa, dengan hasil uji T-Test yang meninjukkan sig.2-tailed 0,000. Pemanfaatan media pembelajaran geografi berbasis Google Earth mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa, yang dibuktikan dengan kelas eksperimen memiliki skor Gain yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 0,7 dan 0,43, dengan selisih skor Gain sebesar 0,23. Kemampuan berpikir spasial siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Google Earth mengalami peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...