Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 6 No 2 (2022): Desember 2022

Efektivitas Media Kuis Adobe Flash CS6 Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI SMAN 8 Pontianak

Diah Trismi Harjanti ("Tanjungpura University")
Maria Ulfah (Tanjungpura University)
Galuh Sri Rezeki (Tanjungpura University)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Belajar dan pembelajaran merupakan kesatuan untuk mewujudkan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, belajar membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang dan alat untuk menyampaikan informasi dari pendidik ke peserta didik. Penelitian ini didasarkan pada kurang efektifnya pembelajaran secara konvensional dan hanya menggunakan media dua dimensi yang digunakan oleh guru. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan media kuis Adobe Flash CS6 pada pembelajaran geografi kelas XI di SMAN 8 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis strategi eksperimen yang dikenal sebagai Quasi Experiment Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan menggunakan lembar tes, pedoman wawancara, dan lembar dokumentasi. Data dianalisis menggunakan descriptive statistic, uji normalitas dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 63,02 dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,13. Hasil uji gain diperoleh nilai effect size sebesar 0,77. Hal ini dapat disimpulkan bahwa  media kuis berbasis Adobe Flash CS6 efektif digunakan sebagai media pembelajaran geografi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...