INCARE
Vol 3 No 4 (2022): December 2022

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN NILAI- NILAI RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MTs AL-MUHAIMIN PALOPO

Muhammad Agil Amin (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Palopo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Nilai- Nilai Religiusitas Peserta Didik di MTs Al-Muhaimin Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian bersumber dari hasil wawancara kepala madrasah, pendidik mata pelajaran akidah akhlak, peserta didik serta sumber data pendukung penelitian yaitu data yang diperoleh dari buku atau jurnal yang relevan dengan masalah yang menjadi fokus penelitian. Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan nilai- nilai religiusitas peserta didik di MTs Al-Muhaimin Palopo dapat dikatakan efektif karena semua indikator pembelajaran efektif tercapai yaitu 1) Pada proses pembelajaran, aktifitas pembelajaran akidah akhlak di MTs Al- Muhaimin Palopo sudah berdasarkan perangkat pembelajaran yang telah dirancangkan sebelumnya, serta terjadi interaksi antar guru dan peserta didik. 2) Hasil pembelajaran yang tepat sasaran, dapat terukur secara kualitatif maupun kuantitatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

incare

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

INCARE, International Journal of Educational Resources, ISSN : 2723-2611(Online) is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKDP (Forum Komunikasi Dosen Peneliti) and Indonesian Educational Sciences Association (PGRI). INCARE, International Journal of ...