Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media visual yang dapat mendukung pembelajaran fisika, peningkatan hasil belajar, minat dan respon peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dua siklus, menggunakan metode deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu berupa tes dan non tes, dan analisis dilakukan secara kualitatif serta kuantitatif. sehingga dari penelitian ini menghasilkan: mudahnya media visual diterapkan guna mendukung pembelajaran induksi elektromagnetik dengan hasil tercapainya indikator keberhasilan berupa ketuntasan siswa dalam belajar sebesar 89% dari rata rata siswa minimal 85%, lalu adanya peningkatan minat belajar pada siswa sebesar 70%, berikutnya ada juga peningkatan respon siswa pada media sebesar 6,49%, siswa memberikan respon yang baik 100%, dan adanya peningkatan rata rata hasil belajar siswa sebanyak 4,03%. Dari hasil pengolahan data Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XII SMA Negeri 7 Semarang, dengan memakai aplikasi media visual dalam meningkatkan hasil belajar induksi elektromagnetik peserta didik SMA bahwa efektivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 73.71 % pada Siklus I menjadi 81.05 % pada Siklus II, berarti terjadi peningkatan sebesar 4.03%. Pada dasarnya Penelitian Tindakan Kelas ini berhasil.
Copyrights © 2022