Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 3 (2022): Edisi September 2022

PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DALAM ASPEK PEDAGOGIK




Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah yang telah dilaksanakan ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan proses supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN Sumurrejo 02 Kota Semarang. peningkatan kompetensi profesional setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kompetensi profesional.  Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif secara spesifik terdiri dari tahap pra-supervisi kolaboratif, supervisi kolaboratif dan pasca-supervisi kolaboratif. Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif mengalami perkembangan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada tahap pra-supervisi kolaboratif siklus 1, curah pendapat tidak berjalan dengan efektif karena kepala sekolah tidak melakukan koordinasi dengan semua guru dan tidak menjelaskan teknis supervisi kolaboratif yang akan dilaksanakan diantaranya mengindentifikasi masalah-masalah krusial ketika guru melaksanakan kinerja profesionalnya, mencatat dan membawanya pada saat curah pendapat dan diskusi bersama kepala sekolah dan guru lainnya. Disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rpp guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...