Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran Gal'perin dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Gal'perin di kelas H delapan MTsN Padang Panjang. . Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas delapan H. Prosedur Pendekatan Penelitian Tindakan terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, catatan lembar kerja, tes dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan berdiskusi dengan ahli pengamat dan korektor. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) aktivitas belajar siswa kelas H VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran Gal'perin mengalami peningkatan Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa penggunaan Pembelajaran Gal'perin Model dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022