Keamanan jaringan merupakan hal yang sangat penting saat ini, terutama keamanan jaringan pada area wireless hotspot. Keamanan jaringan wireless perlu penanganan khusus, karena sebagian besar ancaman yang menyerang jaringan berasal dari pengguna internal jaringan hotspot itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan kontrol akses untuk setiap pengguna internal yang terhubung ke jaringan. Metode Team Games Tournament adalah suatu cara penguasaan materi pembelajaran dengan menggunakan metode permainan dan melibatkan seluruh siswa tanpa ada perbedaan status dengan menganggap siswa sebagai tutor sebaya. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan media interaktif berbantuan komputer dengan metode pembelajaran tanya jawab dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus II rata-rata hasil belajar sebesar 7,73, ketuntasan hasil belajar sebesar 83,87, dan persentase keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 85. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penguasaan hasil belajar >80 dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran >70, yang berarti telah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran kompetensi kejuruan Desain Keamanan Jaringan di SMK Negeri 5 Madiun melalui penggunaan media interaktif.
Copyrights © 2022