Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 3 (2022): Edisi September 2022

PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES




Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas III SDN Pedurungan Tengah 02 Melalui Metode Luring Pada Masa Pandemi Covid 19 dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples berawal dari kegagalan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring di awal tahun pelajaran 2021/2022 di masa pandemi covid 19, konten pelajaran bahasa Indonesia dengan materi melihat kosakata dalam teks tentang konsep sifat, kebutuhan (pangan dan tempat tinggal) ), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulisan, visual, dan eksplorasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi sejauh mana peningkatan pemahaman membaca siswa melalui Metode luring dengan model pembelajaran Example Non Example. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi yang dilakukan selama penelitian berlangsung pada siklus I dan siklus II berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Metode luring terjadi interaksi pembelajaran yang menyenangkan dengan model pembelajaran Example Non Example sehingga hasil belajar siswa meningkat yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan sebesar 44,82%. Disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Metode luring dengan Examples Non Examples dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa selama pandemi covid 19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...