Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar memiliki tujuan agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada awal semester II, hasil ulangan mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang tentang pembagian zona waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/globe/atlas dan media lainnya menunjukkan hasil sangat rendah, nilai rata-rata kelas 52,64 hanya 8 siswa dari 28 siswa yang telah mencapai penguasaan penguasaan materi 28% ke atas. Rata-rata kelas yang rendah menandakan bahwa banyak siswa yang tidak menguasai pelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, diteliti bagaimana cara efektif meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran IPS pembagian zona waktu di Indonesia dengan model kooperatif tipe STAD. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD. Pada siklus 1 memiliki nilai rata-rata 68,79 sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 74,57. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan dampak yang baik, terbukti pada beberapa mata pelajaran mengalami peningkatan baik bagi siswa maupun guru.
Copyrights © 2022