Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 5, No 2 (2022)

Logo Amidas Gontor sebagai Identitas Merek Produk Pondok Pesantren

Yoka Pradana (Universitas Darussalam Gontor Jl. Raya Siman KM. 5, Ponorogo 63471, Jawa Timur - Indonesia)
Irfan Achmad Zainuri (Universitas Darussalam Gontor Jl. Raya Siman KM. 5, Ponorogo 63471, Jawa Timur - Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Amidas Gontor adalah produk air mineral sebagai salah satu perwujudan dari Panca Jangka Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai sumber dana untuk mendukung kemandirian Pondok Pesantren. Produk ini memiliki logo yang terdiri dari komponen yang menampilkan tanda yang identitik dengan identitas Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini mengkaji makna yang terdapat pada logo Amidas Gontor. Tanda-tanda pada logo itu dianalisa dan dimaknai menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menemukan bahwa logo Amidas Gontor terdiri dari gabungan picture dan wordmark. Picture terdiri dari empat warna yakni hijau, biru muda, biru tua dan putih serta gambar bidang setengah lingkaran dan aliran air. Wordmark terdiri dari tulisan kata amidas, Gontor, dan air mineral. Masing–masing tanda memiliki makna yang mewakili identitas produk. Logo Amidas Gontor memiliki makna sebagai identitas bahwa Amidas Gontor merupakan produk air mineral milik Pondok Modern Darussalam Gontor, produk air mineral yang diproduksi dari sumber air dari alam, selalu menjaga kebersihan produk dan menerapkan sistem kerapian dalam manajemen dengan fleksibel.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...