Jurnal Informatika Upgris
Vol 8, No 2: Desember 2022

TREN PENELITIAN AUDIT SISTEM INFORMASI PADA JURNAL TERINDEKS SINTA DI INDONESIA

Wanda Alifiyah Pramesti (State Islamic University Sunan Ampel of Surabaya)
Hadziq Raisyan Fikri (State Islamic University Sunan Ampel of Surabaya)
Anisa Nuha Husna (State Islamic University Sunan Ampel of Surabaya)
Muhaimin Yahya (State Islamic University Sunan Ampel of Surabaya)
RR. Dalilati Nabilah K (State Islamic University Sunan Ampel of Surabaya)
Yusuf Amrozi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Audit dilakukan untuk menilai  suatu sistem komputer yang ada dalam badan usaha apakah mampu melindungi dan menjaga aset maupun integritas data dan memungkinkan  tujuan organisasi secara efektif dan efisien tercapai. Seperti yang diketahui, pengendalian terhadap sistem informasi akuntansi yang dilakukan oleh badan usaha hams berlaku dan secara berkala harus menerapkan audit terhadap sistem informasi tersebut karena biaya akibat kesalahan dan kecurangan yang terjadi dalam sistem ini dapat menjadi sangat besar. Biaya dapat timbul terkait dengan pencurian, korupsi, perusakan database, kesalahan dalam pembuatan sistem informasi yang buruk kualitasnya, kerugian karena computer abuse, kerugian hardware, software dan personel komputer yang berharga bagi badan usaha, mengendalikan penggunaan komputer dalam badan usaha gagal. Kesalahan maupun kecurangan yang terjadi dalam sistem informasi akan berpengaruh dalam ketahanan kemampuan badan usaha. Dikarenakan dalam hal ini, sistem informasi akuntansi sangat berperan dalam penyediaan informasi guna  pengambilan keputusan di setiap tingkatan manajemen dalam aktivitas perencanaan dan pengendalian. Apabila ketersediaan informasi tidak akurat maka akan menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak tepat. Hal ini akan mempengaruhi kelangsungan hidup badan usaha apabila dilakukan terus-menerus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIU

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics UPGRIS published since June 2015 with frequency 2 (two) times a year, ie in June and December. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving closely ...