JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 8, No 2 (2022): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

ANALISIS PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG

Moh Iqbal Atho Illah (Universitas PGRI Semarang)
Riris Setyo Sundari (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi Saputro (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang memberikan perhatian dan semangat kepada anak-anaknya untuk belajar dan selalu berprestasi. Tujuan penlitian ini diantaranya yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, peran guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang, cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam menjalankan tugas ialah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran, memberikan umpan balik. peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar, memberikan penghargaan, menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas. Cara guru dalam memberi motivasi belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dilakukan seperti berikut ini memberi angka, hadiah, saingan/kompetisi, hukuman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...