Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 3 (2022): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Agustinsa, Ringki (Unknown)
Fajriani, Rati (Unknown)
Susanto, Edi (Unknown)
Yensy , Nurul Astuty (Unknown)
Siagian, Teddy Alfra (Unknown)
Stiadi, Elwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih ialah kelas VIII E yang terdiri dari 21 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest-posttest terkait kemampuan pemahaman konsep diperoleh sebesar 45,24 dan 83,33, selanjutnya dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai  taraf nyata yakni , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifkan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII. Kata kunci : Eksperimen semu, Kemampuan pemahaman konsep, Penemuan terbimbing

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...