Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa kelas V SD Swasta 4 Paripurna Swakarsa pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif metode deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peserta didik mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika dalam materi statistika, hal ini karena adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi statistika, selain itu guru harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik seperti Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Hooray yaitu model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap kelompok yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak "HORE" atau yel-yel lainnya yang disukai. Kebaruan dari artikel ini adalah objek kajian penelitiannya pada materi statistika dan spesifikasi indikator kesulitan belajar matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022