Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IX SMP Negeri 09 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel penelitian yaitu kelas IX B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R siswa kelas IX B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 pada aspek survey memperoleh persentase keseluruhan siswa sebesar 80% dengan kriteria baik sekali. Pada aspek question memperoleh persentase sebesar 76% dengan kriteria baik. Pada aspek read siswa memperoleh persentase keseluruhan 70% berada pada kriteria baik, sedangkan pada aspek recite memperoleh persentase keseluruhan yaitu 74% dengan kriteria baik. Kemampuan siswa kelas IX B tahun ajaran 2021/2022 dalam membaca pemahaman dengan metode SQ3R secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 75% berada pada kriteria baik. Kata Kunci : metode SQ3R, kemampuan membaca, siswa SMP kelas IX
Copyrights © 2022