Pascal: Journal of Physics and Science Learning
Vol 6, No 2 (2022): Desember

PENGEMBANGAN POCKETBOOK BERBASIS FLIPBOOK DENGAN ANIMASI 3D DALAM POKOK BAHASAN ALAT OPTIK KELAS XI SMA

Diva Alkhadia Rana (Universitas Indraprasta PGRI)
Rani Wulandari (Universitas Indraprasta PGRI)
Sri Wahyu Oktavianingsih (Universitas Indraprasta PGRI)
Irnin Agustina Dwi Astuti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran fisika terkesan membosankan dan sulit bagi siswa karena banyak mengandung rumus-rumus. Hal ini membuat siswa kurang tertarik untuk belajar fisika. Oleh karena itu dibutuhkan iovasi media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa. Salah satunya yaitu media embelajaran dalam bentuk  pocketbook berbasis flipbook . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kelayakan media pembelajaran online berupa  pocketbook berbasis flipbook. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RD (Research and Development) dengah model ADDIE yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis data terdapat nilai validasi rata-rata sebesar 83,4 % dengan kategori layak. Sehingga dapat disimpulkam pocketbook fisika berbasis flipbook dengan animasi 3D pada materi alat optik layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...