Latar Belakang: Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan, kegiatannya difokuskan pada kesembuhan pasien, perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, juga mencegah terjadinya masalah ilegal, memberikan kepuasan professional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit. Tujuan : Menganalisis komunikasi terapeutik perawat terhadap pasien di ruang rawat inap di RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam 3 informan dan 1 informan kunci menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode naratif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Hasil : Informan dan informan kunci memunculkan Tahap prainteraksi menyiapkan diri mencari informasi pasien dengan membuka data-data pasien, Tahap perkenalan dimana tahap saat pertama kali bertemu atau kontak dengan pasien, Tahap kerja perawat dan pasien bekerja sama untuk mengatasi masalah yang dihadapi, Tahap terminasi perawat telah menyelesaikan proses keperawatan secara keseluruhan dan mengevaluasi. Saran : Hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat yang ada di RSUD Siti Fatimah Palembang dapat memberikan komunikasi terapeutik dengan maksimal agar para pasien mengerti tindakan yang dilakukan oleh perawat. Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Perawat, Pasien Rawat Inap
Copyrights © 2022