Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2022): Juli-Desember 2022

PENGARUH METODE SCIENCE LITERACY CIRCLES (SLC) BERBASIS LITERASI SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Hanita Bella Safitri (Universitas Ngudi Waluyo)
Lisa Virdinarti Putra (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi solusi yang dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Science Literacy Circles (SLC) berbasis literasi sains dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Sidomulyo 04 dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidomulyo 04. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode SLC berbasis literasi sains dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dibuktikan dengan nilai signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode Scince Literacy Circles (SLC) berbasis literasi sains dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...