Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2022): Juli-Desember 2022

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 5 PASURUHAN LOR

Eva Luthfi Fakhru Ahsani (085741240220)
Mega Yuni Ariyanti (Institut Agama Islam Negeri Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran puzzle bangun datar pada mata pelajaran matematika kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif preexperimental designs (non designs), dengan tipe one-group pretest-postes. Penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi buat mengetahui aktivitas siswa dan guru pada pelaksanaan proses belajar, tes (sebelum dan sesudah) penerapan media puzzle bangun datar untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi, sedangkan dokumentasi pengumpulan data yang relevansi pada penelitian. Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle bangun datar pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, yang berjumlah 21 siswa. Hasil pretest sebesar 23,8%, dan hasil posttest 85,71%. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle bangun datar pada mata pelajaran matematika ditunjukan pada analisis uji hipotesis yaitu perhitungan yang diperoleh ????ℎ???????????????????? 7,236 > ???????????????????????? 2,085, maka (Ha) diterima dan (Ho) tidak diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...