Tenses atau tata bahasa merupakan sebuah keterampilan pemahaman struktur tata bahasa, khususnya dalam berbahasa Inggris. Keterampilan berbahasa Inggris tidak dapat dikuasai tanpa pengetahuan tata bahasa yang benar. Untuk memberikan pemahaman dengan efektif kepada mahasiswa khususnya dalam materi tenses, dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi mahasiswa. Model pembejaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah analogi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observation sheet. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wiraraja. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menceritakan proses pemberian materi tenses dengan menggunakan model pembelajaran analogi. Hasil yang diperoleh dari peneltian ini adalah mahasiswa sangat terbantu memahami materi tenses dengan menggunakan model pembelajaran analogi. Analogi yang digunakan dalam hal ini adalah kondisi berpacaran. Dengan menggunakan model analogi berpacaran, mahasiswa dapat membedakan fungsi dan kegunaan masing-masing tenses. Selain itu, dengan analogi berpacaran mahasiswa juga dengan mudah dapat membuat kalimat dalam Bahasa Inggris menggunakan tenses yang benar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022