Kinerja sebuah kendaraan bermotor dipengaruhi oleh beragam hal, misalnya penggunaan tipe camshaft. Camshaft sendiri bisa dimodifikasi untuk mengetahui performa sepeda motor. Oleh sebab itu pengantian camshaft standar ke modifikasi harus merubah dudukan klep atau penyudutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui performa sepeda motor dengan penggantian noken as dan perbedaan rpm antara noken as standar dan modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya maksimum yang diperoleh dari pengujian noken as standart 7,12 Hp pada putaran mesin 7244 rpm dan torsi tertinggi yang dihasilkan dari pengujian menggunakan dynotest yaitu pada noken as standar 6,82 Nm pada putaran mesin 7244 rpm, sedangkan pada penggunaan noken as modifikasi torsi tertinggi yang didapat yaitu 9,66 Nm pada putaran mesin 6666 rpm dan daya maksimal noken as modifikasi didapat 9,25 Hp pada putaran mesin 6666 rpm, dapat diketahui bahwa bahan noken as modifikasi cenderung lebih unggul dibandingkan dengan noken as standar.
Copyrights © 2022