cover
Contact Name
Achmad Rijanto
Contact Email
rijanto1970@gmail.com
Phone
+6281232814248
Journal Mail Official
majamecha2019@gmail.com
Editorial Address
Gedung Dwipa Mandala Lt. 2, Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit jl. Raya Jabon Km. 0,7 Mojokerto, Indonesia 61364
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Majamecha
ISSN : 26569132     EISSN : 26568055     DOI : https://doi.org/10.36815/majamecha.v6i2
Core Subject : Engineering,
Majamecha adalah jurnal ilmiah yang berisi tentang publikasi hasil karya penelitian, perancangan dan kajian teori di bidang ilmu teknik mesin dan permesinan, meliputi konversi energi, manufakturing, material dan perancangan mesin.
Articles 188 Documents
Analisa Pengaruh Laju Korosi Plat Baja ST 40 dan Stainless Steel 304 terhadap Larutan Asam Sulfat Santoso, Kukuh Adi
Majamecha Vol 1 No 1 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.275 KB)

Abstract

Korosi merupakan penurunan kualitas suatu logam yang disebabkan oleh terjadinya reaksi elektrokimia antara logam dengan lingkungannya. Dalam penelitian ini material yang digunakan adalah plat baja karbon ST 40 dan stainless steel (SS) 304 pada media korosi asam sulfat 1 M selama 48 jam. Metode yang digunakan adalah metode weight loss. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh asam sulfat (H2SO4) terhadap laju korosi plat baja ST 40 dan stainless steel (SS) 304, dan Mengetahui perbedaan laju korosi antara kedua material tersebut. Hasil pengujian laju korosi yang dilakukan dengan waktu 72 jam, didapat nilai rata-rata 3,69 mm/y untuk plat baja karbon ST 40, dan 0,18 mm/y untuk plat stainless steel (SS) 304. Korosi yang terjadi pada plat baja karbon dan stainless steel adalah korosi merata (uniforrm attack) dan korosi sumuran (pitting corrosion).
Rancang Bangun Mesin Pemotong Balok Kayu Serbaguna Dengan Sistem Kontrol Otomatis Ardi, Aristyo; Rijanto, Achmad; Kurniawan, Suharto Eko
Majamecha Vol 1 No 2 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.776 KB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada saat ini sangat berkembang pesat seiring dengan kemajuan zaman. Hampir semua pekerjaan manusia dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan adanya mesin-mesin yang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Selain mempermudah pekerjaan manusia, penggunaan mesin sangat membantu dalam meningkatkan produktifitas dengan waktu yang relatif lebih cepat. Salah satunya adalah mesin pemotong balok kayu serbaguna dengan menggunakan kontrol otomatis. Tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang mesin pemotong dengan sistem kontrol otomatis untuk memotong kayu dan mendapatkan hasil berupa gambar kerja serta menentukan komponen mesin pemotong. Rancang bangun mesin pemotong ini mempunyai beberapa konsep dengan langkah-langkah antara lain yaitu: kebutuhan, analisis masalah dan spesifikasi produk, perancangan konsep produk, analisis teknik, pemodelan sampai dengan gambar kerja. Hasil penelitian ini adalah berupa desain yang dituangkan dalam gambar kerja meliputi gambar rangka mesin, gambar motor penggerak dan pemotong, gambar stopper, gambar sensor photoelectric.
Analisa Numerik Profil Kecepatan Udara Pada Square Duct Bend 90-Derajat Hakim, Luthfi; Asmorowati, Erna Tri
Majamecha Vol 1 No 2 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.713 KB)

Abstract

Profil kecepatan udara pada square duct bend 90-derajat akan dimodelkan secara matematis. Pemodelan dilakukan untuk mendapatkan taksiran dari nilai maksimum profil kecepatan udara pada square duct bend 90-derajat yang sudah terpengaruh oleh pemasangan double damper 30-derajat. Persamaan Navier-stokes pada kondisi unsteady incompressible  diterapkan pada kasusu ini, kemudian diselesaikan menggunakan metode elemen hingga dan algoritma SIMPLE. Penyelesaian secara numerik di lakukan untuk menentukan profil kecepatan aliran udara pada (tepat sebelum double damper dipasang), kemudian digunakan metode regresi dalam menentukan model matematika dari profil kecepatannya. Dari persamaan profil kecepatan pada , diperoleh nilai maksim   dan minimumnya.
Analisa Sistem Kerja Electrical Fuel Injection (EFI) pada Motor Honda CBR 150 Al Fikri, M. Muzakki
Majamecha Vol 1 No 1 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.579 KB)

Abstract

Sistem PGM-FI adalah suatu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol secara elektronik yang mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimal sesuai yang dibutuhkan mesin pada setiap keadaan yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja sistem kontrol elektronik pada sepeda motor honda CBR 150, mengidentifikasi sensor â?? sensor yang ada pada sistem kontrol elektronik. Hasil pengukuran pada tiap komponen menggunakan alat diagnosic tool yang terdapat pada sistem kontrol elektronik adalah kondisi tiap komponen masih dalam keadaan bagus, dan pengukuran hubungan kabel, tegangan maupun tahanan masih dalam batas toleransi pada spesifikasi standar.
Analisis Laju Korosi Baja Karbon ST 60 Terhadap Larutan Hidrogen Klorida (HCl) Dan Larutan Natrium Hidroksida (NaOh)) Khasibudin, Muhamad Rusdi Wildanurdi; Zulfika, Dicki Nizar; Kusbiantoro, Rahmat
Majamecha Vol 1 No 2 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.465 KB)

Abstract

Korosi merupakan kerusakan material logam yang disebabkan reaksi antara logam dengan lingkungannya yang menghasilkan oksida logam, sulfida logam atau hasil reaksi lainnya yang lebih dikenal sebagai pengkaratan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Objek penelitian menggunakan plat baja karbon st 60 dengan ukuran spesimen 28 mm x 18 mm x 3 mm. Menggunakan metode perendaman spesimen dalam wadah uji dengan volume 50 ml dari setiap wadah uji. Untuk perendaman dalam larutan HCl dengan pH 2 laju korosi terbesarnya adalah 22,903 mmpy. Sedangkan untuk perendaman dalam larutan NaOH dengan pH 13 laju korosi terbesarnya adalah 0,036 mmpy. Untuk perendaman dalam larutan HCl dan larutan NaOH laju korosi terbesarnya terjadi pada hari ke 2 saat pengujian dengan larutan HCl dan laju korosi terbesarnya pada hari ke 3 saat pengujian dengan larutan NaOH. Sedangkan laju korosi terkecil sebesar 12,785 mmpy yang di uji menggunakan larutan HCl terjadi pada hari ke 4 pengujian dan laju korosi terkecil sebesar 0,032 mmpy yang di uji mengunakan larutan NaOH terjadi pada hari ke 1 pengujian. Waktu dan pH berpengaruh terhadap laju korosi. Laju korosi terbesar terjadi pada pH asam.
Pengaruh Seal Terhadap Tekanan Hidrolis di PT. Kepuh Kencana Arum Mojokerto, Jawa Timur Perdana, Anugrah Jalu Putra; Rijanto, Achmad; Zulfika, Dicki Nizar
Majamecha Vol 1 No 2 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.15 KB)

Abstract

Sistem hidrolis adalah sistem penerusan daya dengan menggunakan oli sebagai jenis fluida yang sering dipakai. Prinsip dasar dari sistem hidrolis adalah memanfaatkan sifat bahwa zat cair tidak mempunyai bentuk yang tetap, namun menyesuaikan dengan yang ditempatinya. Pada hidrolis kerusakan yang sering terjadi pada komponen silinder hidrolis paling dominan disebabkan karena kerusakan oil seal hidrolis. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan sistem hidrolis pada mesin penggulung plat beserta langkah-langkah perbaikannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Setelah dilakukan uji coba didapat hasil dari kerusakan pada cekam mesin uncoiler bahwa kerusakan sistem hidrolis terjadi pada bagian silinder hidrolis. Kerusakan disebabkan oleh faktor umur seal kit dan disebabkan kontaminasi oli hidrolis dengan air dan kotoran.Perbaikan dilakukan dengan mengganti seal kit silinder hidrolis.
Rancang Bangun Pompa Hidram (Hydraulic Ram Pump) dengan 3 Varian Tabung Udara untuk Model Sistem Irigasi Persawahan Yuli Satria, Didin Dwi; Kurniawan, Suharto Eko
Majamecha Vol 1 No 1 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.797 KB)

Abstract

Letak sumber air yang lebih rendah dari tempat tinggal masyarakat  membuat masyarakat memerlukan pompa, tetapi pompa konvensional mempunyai kendala jika sumber air tersebut jauh dari sumber listrik dan bahan bakar. Pompa hidram adalah solusi dari permasalahan tersebut, karena pompa ini tidak memerlukan energi listrik maupun bahan bakar. Pompa hidram dapat bekerja selama 24 jam, biaya pembuatan dan perawatan relatif murah . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui head outout terbesar pompa hidram PVC/Pipa Bekas 1 inci pada 3 variasi tabung udara dengan volume TU1 0,0009 m³, TU2 0,0019m³, TU3 0,0024 m³. Dalam penelitian ini dengan varian 3 tabung udara, TU 1 dengan volume tabung 0.0009 m³ tinggi output 4 m diperoleh head head output terbanyak sebesar 0.75 bar dengan tinggi input 1 m, panjang langkah 9 mm dan berat beban katup limbah 150 gram. Untuk TU 2 dengan volume tabung 0,0019 m³ tinggi output 4 m diperoleh head output terbanyak sebesar 0,85 bar dengan tinggi input 1 m, panjang langkah 9 mm dan berat beban katup limbah 150 gram. Sedangkan TU 3 dengan volume tabung 0,0024 m³ tinggi output 4 m diperoleh head output terbanyak sebesar 1 bar dengan tinggi input 1 m, panjang langkah 9 mm dan berat beban katup limbah 150 gram.
Rancang Bangun Miniatur Kereta Dorong Bayi Dengan Sistem Ganda Nugroho, Rofiantoko; Rijanto, Achmad; Hakim, Luthfi
Majamecha Vol 1 No 2 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.889 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang bangun miniatur kereta dorong bayi dengan sistem ganda, agar terciptanya kereta dorong bayi dengan sistem ganda sesuai dengan bentuk aslinya. Rancang bangun miniatur kereta dorong bayi ini menggunakan metode perencanaan desain manual dan desain scooter elektrik, sampai dengan pembuatan produk miniatur kereta dorong bayi. Hasil penelitian ini adalah berupa desain dan produk miniatur kereta dorong bayi dengan sistem ganda yang memiliki spesifikasi bahan yang digunakan ringan dan kuat, dapat di aplikasikan menjadi 2 sistem yaitu kereta dorong bayi manual dan sistem scooter elektrik, dan miniatur dapat beroperasi sesuai perancangan dengan beban maksimal miniatur keseluruhan 7 kg.
Kaji Eksperimental Perbandingan Penggunaan Bahan Bakar pada Mesin Parut Kelapa Rijanto, Achmad
Majamecha Vol 1 No 1 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.798 KB)

Abstract

Mesin parut kelapa banyak digunakan pada industri rumah tangga. Mesin ini dapat digunakan dengan bahan bakar bensin, atau gas atau keduanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan atau konsumsi bahan bakar bensin dan gas pada mesin parut kelapa. Bahan bakar bensin yang digunakan adalah pertalite dan bahan bakar gas yang digunakan Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 kg. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa besarnya konsumsi bahan bakar gas LPG pada putaran mesin 1.900 rpm sebesar 0,136 kg/jam - 0,152 kg/jam, sedangkan pada putaran yang sama bahan bakar bensin yang digunakan sebesar 0,216 kg/jam - 0,324 kg/jam.
Sistem Operasi Menggunakan Metode Konversi di Perusahaan Rokok Manufacturing Arum, Lutfia Puspa Indah
Majamecha Vol 1 No 1 (2019): Majamecha
Publisher : Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.14 KB)

Abstract

Rokok merupakan salah satu sumber pengeluaran masyarakat Indonesia, produk yang dibenci tapi dirindukan ini menghasilkan bisnis besar dan kebutuhan besar bagi perekonomian Republik Indonesia. Hampir 54% total penduduk Indonesia adalah perokok aktif, dari peluang bisnis dan keuntungan dalam memproduksi rokok di Indonesia maka dilakukan penelitian diperusahaan rokok berkembang yang baru merintis. Permintaan peminat rokok dari data perusahaan cukup banyak yaitu rata-rata setiap bulan permintaan agen rokok sekitar 65.264.000 (enam puluh lima juta dua ratus enam puluh empat ribu) per batang. Dengan memenuhi permintaan konsumen agar pengiriman dapat tepat waktu dan cepat maka dilakukan sistem operasi menggunakan metode konversi secara tersistem. Dari  konversi satuan box yang akan dikonversi ke satuan kg, trey, batangan, pak, press dan akan di konversi kembali dalam satuan box. Sistem operasi (WIP) pada mesin maker dan mesin HLP 20.

Page 1 of 19 | Total Record : 188