Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini

Yaswinda Yaswinda (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Dona Mailinda Eka Putri (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Irsakinah Irsakinah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Keterampilan dalam proses sains dapat mengembangkan aspek kognif anak. Keterampilan proses sains di PAUD bertujuan untuk pengembangangan pembelajaran sains dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk meningkatkan kecakapan kognitif melalui pembelajaran sains berbasis pemanfaatan lingkungan bagi anak usia dini. Pendekatan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Aksi penelitian yakni peneliti membuat perencanaan, lalu perencaanan yang telah dibuatĀ  dilaksanakan oleh guru serta didampingi oleh peneliti, pelaksanaan tersebut diobservasi, selanjutnya dilakukan refleksi terhadap hasil observasi. Subjek berjumlah 15 anak di kelas B TK Melati Kecamatan Tenayan Raya. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa pembelajaran sains berbasi pemanfaatan lingkungan meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu pada tingkat pencapaian pada pra siklus yaitu 33,5% di kategorikan Belum Berkembang, rata-rata siklus I yaitu 53% di kategorikan Mulai BerkembangĀ  dan rata-rata siklus II kembali meningkat menjadi 80,83 % sudah berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...