GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2022)

Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri SMA

Budi Wahyu Agung Pramana (Universitas Jember)
Susanto (Universitas Jember)
Abi Suwito (Universitas Jember)
Nurcholif Diah Sri Lestari (Universitas Jember)
Randi Pratama Murtikusuma (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang diterapkan merupakan model Thiagarajan (4D) dengan empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Luaran penelitian berupa e-modul yang dapat diakses secara daring di situs web GeoGebra dan secara luring melalui modul berformat pdf atau ggb. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Tanggul. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh e-modul yang sangat valid dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,85, memenuhi kriteria kepraktisan dengan tingkat cukup praktis ditinjau dari perolehan skor angket respons peserta didik sebesar 76,88%, dan tergolong dalam kategori efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari rata-rata N-Gain sebesar 0,48. E-modul yang dikembangkan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi Transformasi Geometri SMA karena kemudahan dalam mengetahui hasil bayangan objek matematika dari suatu transformasi dan kemudahan dalam mengakses.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...