Sistem pemerintahan Indonesia tahun 1998 memberikan hal baru dalam hak kebebasan berbusana dan berhijab. Fenomena tersebut mulai berkembang pesat pada era reformasi negara indonesia. Pada saat itu lah masyarakat semakin menggemari dan berbondong-bondong untuk mengikutinya. Fashion merupakan sesuatu yang akhir-akhir ini banyak disoroti oleh masyarakat, salah satunya ialah fashion hijab yang sedang digandrungi banyak kalangan. Hijab merupakan alat yang digunakan untuk melindungi dan menghalangi sebagian aurat dari wanita muslim, yaitu kepala dan rambut. Hal ini fashion hijab menjadi budaya populer yang bertujuan untuk membantu kepentingan sisi pemiliknya, dengan melalui model hijab yang fashionable. Perkembangan fashion hijab didukung oleh media massa, seperti majalah. Dalam majalah tersebut terdapat banyak model perempuan yang bergaya menggunakan hijab. Dari dukungan media massa tersebut, membuat fashion hijab semakin dikenal oleh masyarakat umum, sehingga banyak pihak yang tertarik untuk menggunakan hijab. Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk menganalisis perubahan fashion hijab dari tahun ke tahun, dan menarik minat masyarakat khususnya generasi milenial untuk mengenakan hijab sesuai dengan syariat islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa trend fashion hijab yang meningkat secara signifikan dapat memberikan dampak terhadap minat generasi milenial dalam menggunakan hijab di kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2022