PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Membentuk Brand Produk Industri UMKM Bordir Tasikmalaya

Trie Damayanti (Universitas Padjadjaran Jl. Ir. Sukarno No. KM 21, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363 - Indonesia)
Kokom Komariah (Universitas Padjadjaran Jl. Ir. Sukarno No. KM 21, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363 - Indonesia)
Aat Ruchiat Nugraha (Universitas Padjadjaran Jl. Ir. Sukarno No. KM 21, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menenggelamkan ekonomi negara dan masyarakat. Hal ini secara langsung menurunkan tingkat ekonomi masyarakat dan negara. Hal ini perlu disikapi dengan meningkatkan kreativitas masyarakat terutama pada kalangan industri kecil dan menengah, karena menurut beberapa ahli ekonomi, pengusaha kecil dan menengah adalah industri yang menyelamatkan kehidupan ekonomi negara. Dinas Koperasi dan UMKM selama ini hanya mengembangkan potensi pasar tanpa pengembangan brand produk, padahal untuk bertahan di tengah persaingan produk sejenis dari dalam dan luar negeri diperlukan pembentukan brand produk untuk menunjukkan positioning produk dan menunjukkan potensi produk di mata pembeli. Metode pelatihan pengenalan pada strategi digital branding dengan pendekatan optimalisasi penggunaan sosial media digunakan pada pelatihan UMKM Bordir di Kota Tasikmalaya. Pelatihan ini untuk mengenalkan konsep strategi pada penggunaan media sosial di kalangan para pengrajin. Hasil pelatihan menunjukkan, pemanfaatan media sosial yang hanya untuk penjualan, bisa ditingkatkan dengan mengoptimalkan penggunaan untuk membranding produk bordir, bukan hanya sebagai alat untuk promosi produk saja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

parahita

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal yang berisikan publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat dan atau hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi secara luas. Jurnal Pengabdian PARAHITA diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Juni dan Desember tahun ...