Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Sekolah Dasar khususnya bagi daerah-daerah terpencil sangat diperlukan bagi guru dalam membantu menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar Negeri 10 Belimbing dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber informannya seorang kepala sekolah, 6 guru kelas, dan 24 siswa kelas I-V. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dilaksanakan melalui koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data dalam pengambilan kesimpulan. Dalam penelitian ini terungkap bahwa, pemahaman guru terhadap supervisi akademik kepala sekolah sudah baik. Hal ini dibuktikan bagaimana semua guru memhami tugasnya, mengetahui tujuan supervisi akademik, mengetahui teknik atau metode supervisi akademik. Pelakasnaan supervisi akademik kepala sekolah sudah berjalan dengan baik, dimana dalam prosesnya terdapat perencanaan, melakukan pengukuran kinerja guru, melakukaan pembinaan/pelaksanaan supervisi akademik, melakukan penilaian keberhasilan supervisi akademik, dan melakukan revisi program supervisi akademik. Peran dari supervisi akademik kepala sekolah terlihat baik, dimana 1) kinerja semua guru sudah sesuai dengan keahliannya seperti penguasaan materi, menguasai strategi dan metode mengajar, memiliki kemampuan mengelola kelas, dan mampu serta ahli melaksanan evaluasi pembelajaran; 2) sikap dan perbuatan guru terlihat baik dimana kemauan dan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan supervisi akademik sekolah; 3) para guru sudah memiliki kemauan dan keikutsertaan dalam terlaksanaan supervisi akademik walaupun waktu dalam pelaksanaan supervisi akademik terbatas; 4) terlihat hasil belajar siswa meningkat secara optimal dengan adanya supervisi akademik.
Copyrights © 2022